RPP PKN SMP 8 BERKARAKTER

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

A.  Identitas

 

Nama Sekolah                : SMP NU 09 ROWOSARI

Mata Pelajaran               : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester               : VIII/1

Standar Kompetensi        : 1.    Menampilkan Perilaku yang sesuai dengan Nilai-nilai Pancasila.

Kompetensi Dasar           : 1.1.  Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi  negara.

Indikator                       : 1.    Menjelaskan pengertian Pancasila sebagai ideologi negara dan sebagai dasar negara.

                                      2.    Menjelaskan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara

                                      3.    Menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara

                                      4.    Memberi 4 contoh sikap setia terhadap Pancasila dalamkehidupan di sekolah dan kehidupan bermasyarakat.

                                      5.    Menunjukkan sikap setia terhadap Pancasila dalam kehidupan di sekolah.

Alokasi Waktu                :        4 x 40’ (2x Pertemuan)

 

B. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran siswa dapat:

1.    Menjelaskan pengertian Pancasila sebagai ideologi negara dan sebagai dasar negara.  (Nasionalisme)

2.    Menjelaskan  pentingnya ideologi  bagi suatu bangsa dan negara.

3.    Menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara (Semangat kebangsaan)

4.    Memberi 4 contoh sikap setia terhadap Pancasila dalam kehidupan di sekolah dan kehidupan bermasyarakat. (Rela berkorban)

5.    Menunjukkan sikap setia pada Pancasila. (Cinta Tanah Air)

 

C. Materi Pembelajaran

1.    Pengertian Pancasila sebagai ideologi negara dan sebagai dasar negara.

2.    Pentingnya ideologi  bagi suatu bangsa dan negara

3.    Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara

4.    Contoh sikap setia terhadap Pancasila dalam kehidupan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan Negara.

 

D. Metode Pembelajaran

Pendekatan   :        CTL Contektual Teaching  and Learning

Metode         :        Ceramah, Tanya jawab dan Diskusi melalui pendekatan Penguasaan dan Pemahaman Konsep.

F. Kegiatan pembelajaran

 

Pertemuan Ke-1

Pendahuluan

a.    Guru mempersiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. (Disiplin)

b.    Bersama-sama siswa menyanyikan lagu nasional. (Nasionalime)

c.    Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan materi pembelajaran tersebut. (Komunikatif)

d.    Siswa menyimak penjelasan guru tentang kompetensi akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran mengenai Pancasila sebagai ideologi Negara. (peduli lingkungan)

 

Kegiatan Inti ( 60 menit )

Pembelajaran Eksplorasi

a.    Siswa mencermati skema, bagan atau gambar-gambar yang berkaitan dengan dasar negara dan ideologi negara yang dibuat guru sendiri. (Responsive / Peduli lingkungan)

b.    Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut. (Peduli lingkungan)

c.    Siswa menyimak penjelasan atau  klarifikasi guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan siswa. (Peduli lingkungan)

d.    Siswa mencari informasi dari berbagai sumber (buku ajar, majalah, internet) mengenai Pancasila sebagai Dasar negara dan  ideologi negara. (Kreatif)

 

Pembelajaran elaborasi

e.    Siswa membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mengerjakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang ada dalam LKS.

Tiap kelompok membahas

·         Kelompok I : Makna ideologi secara umum dan khusus

·         Kelompok II : Pentingnya ideologi bagi suatu negara

·         Kelompok III  : Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara

·         Kelompok IV : Sikap setia terhadap Pancasila dalam kehidupan di sekolah dan kehidupan bermasyarakat (Menghargai prestasi)

f.  Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa dan antara siswa

    dengan guru. (Menghargai Prestasi)

 

Pembelajaran konfirmasi

g.  Guru menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan.

h.  Guru membantu menyelesaikan masalah;

 i.  Siswa melakukan pengecekan hasil pekerjaan kelompok berdasarkan

     acuan yang diberikan guru. (Tanggumg jawab, Ulet, Disiplin)

 j.  Siswa diberi kesempatan untuk merefleksi pengalaman belajarnya. (Rasa

     ingin tahu, Demokratis).

 

Penutup

a.    Mengumpulkan hasil diskusi

b.    Melakukan refleksi pelaksanaan dan hasil diskusi

c.    Tindak lanjut dengan memberikan tugas persiapan presentasi pertemuan selanjutnya

Penghormatan kepada bendera “Merah Putih” (Cinta Tanah Air)

 

 

 

Pertemuan Ke-2

 

Pendahuluan (10 menit)

a.    Penghormatan kepada bendera “Merah Putih” (Cinta Tanah-Air)

b.    Guru mempersiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. (Kedisiplinan)

c.    Bersama-sama siswa menyanyikan lagu nasional. (Semangat -Kebangsaan)

d.    Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan materi pembelajaran tersebut. (Responsive / Peduli lingkungan)

e.    Siswa menyimak penjelasan guru tentang kompetensi akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran mengenai Pancasila sebagai ideologi Negara (Responsive)

 

Kegiatan Inti ( 60 menit )

Pembelajaran Elaborasi

a.    Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. (Kreatif)

b.    Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok yang sedang mem-presentasikan. (Toleransi)

c.    Guru memfasilitasi pelaksanaan diskusi. (Responsive)

d.    Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa dan antara siswa dengan guru. (Peduli sosial)

Pembelajaran konfirmasi

e.  Guru menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan.

 f.  Guru membantu menyelesaikan masalah;

g.  Siswa melakukan pengecekan hasil pekerjaan kelompok berdasarkan

     acuan yang diberikan guru. (Tanggung jawab

h.  Siswa diberi kesempatan untuk merefleksi pengalaman belajarnya.

     (Mandiri).

 

Penutup

a.    Dengan bimbingan guru siswa membuat kesimpulan hasil diskusi (Kreatif)

b.    Melakukan refleksi terhadap hasil diskusi

c.    Tindak lanjut dengan memberikan tugas mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya.

Menyanyikan lagu wajib Nasiona”Hari Merdeka” (Nasionalisme)

 

F. Sumber Belajar

1.    Buku BSE PKn Kelas VIII,

2.    UUD NKRI Tahun 1945

3.    Pendidikan Pancasila di Era Reformasi, Tim Dosen Pancasila, Undip, Semarang.

4.    Kaelan, 2002, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta.

5.    Kaelan, 1985, Sekitar Proses umusan Pancasila, Dasar Negara dan UUD 1945 (Pancasila Yuridis Kenegaraan), Liberty, Yogyakarta.

6.    Setiardja, G, A., 2002, Pancasila, Soegijapranata Catholic University Perss, Semarang.

 

G. Penilaian

Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah  proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan keempat. Sedangkan untuk pertemuan ke-1 s.d. 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawab di kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas.

Teknik penilaian yang digunakan : tes tertulis

Bentuk tes                                      : pilihan ganda dan uraian.

 

Contoh Instrumen                            :

 

Bagian I

Penilaian Proses ( Aktivitas Siswa dalam Diskusi)

 

Format Penilaian Diskusi Kelompok dan Presentasi

 

No

Nama

Aspek  Nilai

Total Skor

Presen-tasi

Sikap

Keaktifan

Wawasan

Berani

Berpendapat

Kerja-sama

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagian II

Penilaian Hasil Belajar

 

A.   Pilihan Ganda
     Pilihlah salah satu jawaban yang tepat!

1.  Dengan berideologi, maka suatu bangsa akan ….

A.   menjadi bangsa yang kuat

B.    memiliki gambaran masa depan yang di cita-citakan*

C.   mampu bersikap tegas terhadap pengaruh bangsa lain

D.   mampu mempertahan- kan kelangsungan hidup bangsanya

 

2.  Di bawah ini merupakan contoh sikap yang sesuai dengan persatuan, kecuali.…

A.   Bangga berbangsa dan bertanah air Indonesia

B.    Tidak membeda-bedakan teman berdasarkan suku

C.   Melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinannya

D.   Menggunakan produk dalam negeri

 

B.   Uraian

     Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar!

1.    Jelaskan pengertian Pancasila sebagai ideologi negara dan sebagai dasar negara.

2.    Jelaskan  pentingnya ideologi  bagi suatu bangsa dan negara

3.    Uraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara

4.    Beri 4 contoh sikap setia terhadap Pancasila dalam kehidupan di sekolah dan kehidupan bermasyarakat.

5.    Tunjukkan sikap setia terhadap Pancasila dalam kehidupan di sekolah.

 

 

                                                                             Rowosari, 15 Juli 2010

                  Mengetahui                                                                      

     Kepala SMP NU 09 ROWOSARI                               Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

       DRS. H. SLAMET RIYADI                             Drs. RUDY PUJIHANTO

         NIP. ——————–                                          NIP. ——————-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s